Total Tayangan Halaman

Sabtu, 02 November 2013

Coass Life : Welcome,nak!

Halohaloaloooooooo.......
Sebelum curcol ttg koas aku mau ngasih tau kalo aku udah wisuda SKG. hihi....
Dan sekarang udah mulai koas, dan rasanya wow banget.

Tempat pertama aku koas adalah di BM alias BedahMulut. Ada lah yang agak kaget melihat keberanian siklus kami yang langsung milih BM untuk tempat pertama koas.

Ohya di BM yang dikerjakan adalah pencabutan gigi dan bedah mulut minor atau bedah mulut sederhana, seperti alveolektomi, pengambilan fraktur terbuka, dan odontektomi.

Nah, kemarin itu adalah kasus pertamaku. Kasus pencabutan pertamaku yang rasanya kayak pasien ujian. >.< Karena kasusnya memang seperti minreg ujian. Yaitu kasus nekrose pulpa elemen gigi 46, dimana gigi tetangganya yaitu gigi 44 dan 46 nya masih bagus.

Jadi ceritanya, pasien pertama perempuanku ini gak tau dia adalah orang pertama yang kucabut giginya dan orang kedua yag kusuntik (orang pertama yang kuanestesi adalah partnerku sendiri) Aaaa.... bisa teman bayangkan waktu dia bertanya, "Tapi kaka udah sering lah ya cabut gigi?" Dan aku cuma bisa diam sambil senyam senyum,. hahaha *

Prosedur pertama yang kulakukan adalah persiapan alat, bahan, operator, pasien, termasuk tindakan asepsis intraoral juga pemeriksaan TD pasien. Setelah itu kuanestesi pake blok mandibula dan kuplexus dibagian bukal, dan kutambah sedikit di bagian lingual. Untuk blok mandibula aku pakai 2cc phcaine, dan plexus satu ampul.

Waktu mau anestesi blok mandibula bener-bener deg-degan parah, apalagi kemaren pengalaman pertama ngeblok agak kurang enak. Masa pas aku mau aspirasi ternyata jarumku nyangkut di sarung tangan, *geleng-geleng, untung itu masih belajar. Nah, yang kemarin ini, udah galau banget tuh. Suntik enggak, suntik enggak. Yaudahlah, kusuntiklah sesuai prosedur. Pertama-tama diraba dulu krista buccinatoria dan retromolarnya, terus dari arah berlawanan kusuntik, lalu jarum diluruskan, terus jarum dimasukkan hingga ke daerah gembur, dan asli, kemaren baru aku ngerasain sensasi taktil ke daerah gembur itu, terus aspirasi, dan Puji Tuhan gak ada darah, berarti jarumnya gak kena arteri, terus aku deponir deh. Nah, kemarin kan waktu belajar anestesi, aku terasa kebas setelah sekitar 5menitan tuh, Puji Tuhan si pasien juga begitu, jadi untuk anestesi pertamaku ini berhasil :))

Nah, berhubung kurang persiapan, dan kemarin sempet DBD, jadi waktu belajar entah kenapa agak ngehang lah aku, jadi waktu ngebein, kubein lah searah aksial gigi, kucoba rotasi. Tapi kok gak goyang-goyang juga. Lalu datanglah Mike ngasih tau untuk masukkin bein dari arah mesial. Kulakukan, tapi kok gak goyang-goyang juga ya, terus datanglah Acel membantu juga, dan akhirnya dengan bantuan Acel, aku melihat bifurkasinya. Nah, ternyata giginya anomali, jadi rasio mahkota akar kan biasanya 1:2, eh ini 1:1, jadinya memang bifurkasinya jauh kali. Sumpah ya aku dah sempat putus asa, kok gak goyang-goyang juga giginya. Tapi, pas dah kuliat bifurkasinya, langsunglah kuungkit (Berikutnya kata Acel gigi posterior itu diungkit, bukan di rotasi), kuungkit lah dengan santai. Terus datang si Chris bilang, udah luksasi aja pake tang!. Kucoba luksasi dikit, agak goyang lah.

Berikutnya, aku benar-benar bekerja sendiri. Kubein daerah bifurkasi, kuluksasi lagi pake tang, Terakhir giginya goyang juga,dan Puji Tuhan, anestesinya masih bertahan, jadi kubein dikit lagi, terus kuluksasi dan kutarik pake tang. And you know what? Kar giginya ada 3. Bagus sekali anomalinya. Masa akar yang biasanya 2 ini malah 3. Krik Krik Krik.... Setelah itu aku, dan teman-teman disitu cuma bisa bilang, pantesan susah keluarnya. Wong desain tang umtuk gigi molar bawah kan aja untuk bifurkasi, eh gigi si kawan malah trifurkasi. Pasien pun waktu giginya udah keluar minta liat giginya, dan dia bilang "Kok besar kali gigiku ya kak" "Iya dek, ini kan karena ada akarnya juga, kan kalo dimulut cuma mahkota aja yang nampak".

Terus kuperhatikan akarnya, Puji Tuhan gak fraktur, terus kuasepsis, kumassage gingiva, dan karena kulihat disoket gak ada tulang yang tajam, gak kubonefile (sebelumnya waktu dimassage juga teraba tidak tajam), lalu kuletakkan tampon dan kuberi instruksi pasca pencabutan. Terus kukasih nomorku, dan kubilang kalo berikutnya ada keluhan atau sakit untuk kasih tau ke aku.

Untungnya pasien pertamaku sangat koperatif :)) Bahkan dia mau bayar, tapi karna gak ada kembalian, aku yang bayarin, itung-itung pasien pertama.haha. Si pasien sampe merasa gak enak sendiri, tapi gak mungkin lah kukasih tau dia adalah pasien pertama, ntar jadi ragu pula dia. haha. Semoga pencabutan berikutnya aku bisa lebih tenang dan gak pake dibantu orang lain lagi, Yooooo...haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar