Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 November 2013

Coass Life: Ini Masih Awal

Pasien kedua, dengan kasus gigi 37 nekrose pulpa. Giginya sudah rapuh, dan pasien takut untuk ke dokter gigi. Bahkan ketika di OD pun, ketika sonde masuk mulutnya dia sudah merasa ngeri.

Kumotivasi lah dia supaya berani dicabut giginya. Eeeehhh... ternyata diakhirnya giginya fraktur, :(((
Belum lagi dia tidak mau dikeluarkan lagi giginya. Coba lah.... aku benar kepikiran, karena sisa akar tersebut kan harus dikeluarkan. hiksss....

Rasanya butuh seseorang untuk bercerita. Rasanya butuh seseorang untuk bersandar. Rasanya butuh seseorang yang dengan pedenya bilang samaku, "semua akan baik-baik saja." Rasanya butuh seseorang untuk menepuk kepalaku. Rasanya butuh seseorang yang bisa membantuku melewati masalah ini.

AAAA.... ada pasien pun jadi takut megangnya, takut fraktur. Tapi kalo gak ada pasien, galauuuuu gak ada kerja.

Benar-benar perjuangan yang namanya belajar ini bah. Karena koass yang kita hadapi adalah manusia. Bagaimana kita memotivasi pasien, bagaimana kita harus menghadapi pasien dengan bersahaja. Bagaimana kita harus bijaksana dan benar-benar melakukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan pasien, dan bukan karena sekedar memenuhi minreq. Dan bagaimana dengan melalui profesi dokter gigi nantinya, aku bisa mengabdikan diriku untuk orang banyak.

Ini masih awal, Roma! Kau tidak boleh menyerah. Kau harus semangat dan percaya, setiap masalah pasti ada penyelesaiaannya. Pasienmu, dosenmu, ketakutan2 dan kekhawatiranmu, ataupun masalah biaya dan pengaturan jadwal, dan manajemen pikiranmu!

Dan yang gak kalah penting lagi, harus semakin banyak belajar. Tidak boleh malas. Dan selalu setiap hari harus ada ilmu baru yang kamu dapat. Berdoa juga, karena Tuhan yang akan memampukan segalanya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar